Grafis Desainer Legendaris Paul Rand

paul randArtikel ini dibuat sebagai tribute untuk Paul Rand

Paul Rand yang lahir pada 15 Agustus 1914 bukanlah sosok asing bagi setiap grafis desainer. Paul Rand melupakan salah satu grafis desainer yang melegenda karena hasil karyanya yang masih eksis sampai saat ini, bahkan menjadi sebuah simbol yang kuat untk Brand sekelas IBM, UPS, ABC dan NeXT. Ya Paul Rand merupakan sosok desainer dibalik logo-logo yang melegenda tersebut. Selain itu Paul Rand juga menulis beberapa buku diantarnya  recently reissued Thoughts on Design. Paul Rand meninggal pada tahun 1996 dan pada hari ini dia berusia 100 tahun jika saja masih hidup, namun warisan hasil karya nya masih sangat kuat.

Pada awal usia dua puluh tahun, Paul Rand sudah mendapatkan pengakuan internasional untuk hasil desainnya salah satunya desain cover untuk majalah Direction, dengan kisah menarik di dalamnya, dimana Paul Rand mendesain cover majalah Direction tanpa menerima bayaran sepeserpun, dan dia rela menukarkan semua bayaran nya hanya untuk memperoleh kebebasan artistik penuh dalam mendesain cover majalah tersebut.

Rand terus berkembang menjadi bapak untuk desain modernis, yang dengan begitu hebatnya mempengaruhi industri pentagram kontemporer Michael Bierut ke Apple Jonathan Ive. Karyanya membuktikan seperti yang ia katakan dalam bukunya pada tahun 1993 yang berjudul  Design, Form, and Chaos yaitu “Good design adds value of some kind, gives meaning, and, not incidentally, can be sheer pleasure to behold”.

Berikut ini adalah beberapa logo yang dibuat oleh Paul Rand dan masih memiliki kesan yang kuat sampai saat ini.

UPS logo by Paul Rand
Paul Rand IBM logo
Paul Rand abc logo

Namun dibalik semua kisah kesuksesan Paul Rand ada sebuah kisah menarik lainnya, yaitu ketika Paul Rand merancang logo untuk Henry Ford yang merupakan founder perusahaan mobil Ford. Pada tahun 1966 Paul Rand dipekerjakan oleh Ford untuk merancang ulang logo oval legendaris Ford. Setelah Paul Rand menyerahkan hasil karyanya, Henry Ford berubah pikiran dan ingin tetap mempertahankan logo awal. Menurut Allen Hurlburt, seorang desainer dan penulis “Setelah penelitian yang luas dan eksplorasi desain yang besar dilakukan, Henry Ford II memutuskan bahwa ketika itu menyangkut nama keluarga maka apa yang cukup baik untuk kakeknya itupun baik untuknya”, sehingga ia memutuskan untuk mempertahankan Logo legendaris Ford.

Ini adalah hasil logo yang dirancang oleh Paul Rand namun akhirnya ditolak oleh Ford.

Untuk mengenang 100 tahun Paul Rand, ini adalah beberapa tribute favorit yang diberikan untuk Paul Rand:

“Paul Rand: A Designer’s Words, remind us that he was as astute a writer and philosopher as he was a designer. ~ Steven Heller’s

“To look at Rand’s work today–work that dates from half a century ago–is to see how an idea can be distilled to its most concentrated and salient form. The style is playful, the message immediate, the communication undeniably direct,” ~ Jessica Helfand 

Ada pula film pendek yang dipersembahkan perusahaan desain firm Imaginary Forces yang menggabungkan wawancara dengan Rand dengan cuplikan dan animasi desain yang terbaik.

3 replies on “Grafis Desainer Legendaris Paul Rand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*