Cara Membuat Database Menggunakan XAMPP

Membuat Database Menggunakan Xampp

Artikel kali ini merupakan seri lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Tutorial Instal XAMPP Pada Windows yang merupakan seri awal dari tutorial membuat website menggunakan wordpress. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat database menggunakan XAMPP. Dalam pengembangannya database digunakan untuk berbagai keperluan seperti website, software dll. Namun dalam artikel kali ini tujuan membuat database menggunakan XAMPP adalah untuk digunakan dalam pengembangan website berbasis wordpress yang akan saya bagikan pada artikel-artikel berikutnya. Jadi akan saya batasi terlebih dahulu tujuan pembuatan tutorial ini adaah untuk pembuatan database yang akan digunakan dalam pengembangan website berbasis wordpress.

Pastikan dahulu anda sudah memiliki aplikasi XAMPP dan sudah menjalankan apikasi tersebut, jika belum, silahkan membaca artikel saya sebelumnya yaitu Tutorial Instal XAMPP Pada Windows.

Saya asumsikan anda sudah instal dan menjalankan aplikasi XAMPP, dan memungkinkan komputer anda menjadi server. Pastikan aplikasi XAMPP sudah berjalan dengan benar. Kita uji dengan cara:

  • Buka Browser anda dan ketikan “http://localhost/xampp“, sehingga muncu tampilan seperti berikut

1

 

  •  Kemudian Cek Status

1

Jika sudah muncul tampilan seperti diatas, maka komputer anda sudah bisa digunakan sebagai server.

Sebelum kita menginstal WordPress, kita harus membuat database dan user terlebih dahulu. Ini harus kita lakukan karena WordPress merupakan aplikasi website yang membutuhkan database untuk menyimpan data-data yang kita gunakan.

mari kita mulai tutorial Membuat Database Menggunakan XAMPP

  1. Ketikan “http://locahost/phpmyadmin“, sehingga muncu tampian sebagai berikut 3
  2. Pada menu Database, silahkan ketikan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create. Nama database yang kita buat harus diingat, karena kita akan menggunakannya nanti. Jika perlu, tuliskan di aplikasi notepad supaya mudah bagi kita untuk mengingatnya. 4 NB: dalam tutorial ini saya membuat database dengan nama “TUTORIAL”
  3. Setelah berhasi create database, silahkan masuk ke database anda dengan cara, Cari dan temukan databse anda dan klik untuk masuk kedalam database yang baru saja anda buat. 6
  4. Langkah berikutnya menambahkan nama user untuk database yang baru saja kita buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat, pilih menu Privileges. Kemudian klik Add user.7
  5. Klik Add User maka akan muncul form untuk membuat user baru. Isikan username, Anda bisa mengisikannya dengan nama apapun teserah Anda, hafalkan atau catat pada aplikasi notepad. Kemudian isikan juga host gunakan use text field saja, lalu isikan dengan localhost. Selanjutnya isikan password 2 kali dan harus sama. Terakhir, centang grant all privileges on database. 8
  6. Scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan opsi Global Privileges guna memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik Check All. Setelah itu, Klik tombol Add User . 9
  7. Langah terakhir pastikan nama database, nama user database, dan password database sudah anda catat, dan simpan, karena akan digunakan pada tahap seanjutnya yaitu instalasi wordpress/.

Tutorial membuat database menggunakan XAMPP dan user di phpmyadmin sudah selesai. Secara default, XAMPP mempunyai default user bernama “root” dan tanpa password. Jika kita hendak menggunakan user tersebut juga tidak masalah. Namun ada baiknya kita gunakan user sendiri.

Demikianlah tutorial Membuat Database Menggunakan XAMPP, nantikan artikel selanjutnya dalam seri tutorial membuat website berbasis wordpress.

Share This:Share on Facebook4Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

3 replies on “Cara Membuat Database Menggunakan XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*