Cara Mendapatkan Inspirasi Bagi Grafis Desainer

Cara Mendapatkan Inspirasi Bagi Seorang Grafis Desainer

Grafis desainer bukanlah seorang yang punya kekuatan super, tapi hanyalah manusia biasa yang masih membutuhkan banyak bantuan dan inspirasi dalam setiap pekerjaannya. dalam artikel ini akan dibahas Cara Mendapatkan Inspirasi bagi grafis desainer.

Sampai saat ini saya sendiri selalu mencari cari inspirasi tentang warna dan bentuk, untuk mengerjakan setiap proyek yang saya dapatkan, entah hanya sebagai brainstorming ataupun juga sebagai sumber untuk konsep desain yang akan saya kerjakan.

Saat ini sumber inspirasi sangatlah mudah didapat, dengan bantuan google yang ajaib. Tentu saja banyak sekali grafis desainer yang makin canggih dengan memajang berbagai portfolio mereka menggunakan website-website pribadi, maupun showcase website seperti deviantArt, Behance, Dribbble, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut sangatlah membantu kita dalam mencari inspirasi desain yang akan kita buat, tapi perlu diingat bagi beberapa orang masih belum bisa membedakan antara menginspirasi dan mencontek. Hal ini perlu kita perhatikan sebagai seorang grafis desainer, agar orisinalitas karya kita tetap terjaga.

Cara Mendapatkan Inspirasi Untuk seorang grafis desainer

Pernah dengar istilah brainstorming?

Yah Brainstorming adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan bagaimana proses mendapatkan inspirasi.>

Ada beberapa cara mendapatkan inspirasi bagi seorang grafis desainer

      1. Melihat Hasil Karya Orang Lain

        Melihat hasil karya orang lain merupakan salah satu cara yang sangat ampuh bagi saya pribadi, karena dengan melihat hasil karya orang lain banyak inspirasi yang bermunculan, hal ini diakibatkan karena banyaknya objek yang bisa kita lihat sehingga memungkinkan terciptanya sebuah objek baru.

         

      2. Menggabungkan Elemen

        Langkah kedua ini masih ada hubungannya dengan langkah pertama, tapi langkah ini digunakan hanya ketika kita sudah benar-benar mentok dan tetap tidak mendapatkan konsep untuk desain kita.|

        So langkah ini merupakan langkah yang digunakan dengan cara memilih beberapa hasil karya orang lain yang bisa kita contoh elemen-elemennya kemudian kita gabungkan untuk mendapatkan objek desain yang kita inginkan.

         

      3. Jalan-Jalan

        Loh kok jalan-jalan? proyeknya ada deadline nya nih!!!

        Iya dong jalan-jalan, dengan jalan-jalan keluar rumah atau kantor akan membuat kita merasa lebih rileks dan ketika rileks kita dapat bekerja dengan lebih baik.

        Selain itu dengan jalan-jalan keluar, kita akan lebih dapat melihat banyak objek desain yang terpampang dijalan, apalagi sekarang sudah banyak sekali desain-desain iklan yang sangat bagus di pasang dijalan.

        Kan mending jalan-jalan keluar 1 atau 2 jam tapi bisa dapat ide daripada nongkrong didepan komputer tapi tidak mendapatkan ide.

         

      4. Lakukan Hobi yang Kita Sukai

        Langkah ini sebenarnya relatif tergantung tiap individu.

        Kalau saya pribadi ketika sudah buntu saya memilih main game yang mana merupakan hobi saya, dengan bermain sekitar 1 jam saya menjadi lebih rileks dan bisa mendapatkan ide baru secepat mungkin.

         

Tapi yang perlu kita ingat adalah setiap kegiatan selingan yang kita lakukan harus tetap bertanggung jawab, usahakan sesuai dengan routine yang sudah kita buat.

Misalnya kita sudah menetapkan sendiri waktu kerja kita mulai pukul 09.00 – 17.00

maka pastikan setiap kegiatan selingan yang anda lakukan untuk mendapatkan inspirasi benar-benar menunjang dan tetap dapat dipertanggung jawabkan, karena setiap kegiatan selingan anda, merupakan salah satu metode untuk menunjang pekerjaan anda.

Karena kita dituntut untuk menjadi seorang profesional dan juga Konsultan Desain Grafis yang baik, maka kita harus menepati janji kepada klien kita, jangan sampai telat menyerahkan hasil desain, meskipun untuk mendapatkan inspirasi membutuhkan waktu yang lama, tapi pastikan anda tetap profesional.

Share This:Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*