Cara meningkatkan Rank Alexa

Pembuka

Meningkatkan alexa rank

Sebelum lebih jauh membahas tentang Alexa Rank, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa sih Alexa Rank, dan seberapa pentingnya Alexa Rank bagi sebuah website maupun blog.

Baca untuk mengenal Alexa Rank : Pentingkah Alexa Rank?

Ada beberapa metode sederhana yang seringkali digunakan untuk meningkatkan rank website atau blog kita di Alexa.com. Web saya ini Aldianlo.com sebenarnya sudah online sejak Februari 2014, namun baru saya urus dan tekuni pada bulan Juni 2014. Sampai bulan Juni 2014 website aldianlo.com sendiri masih dengan status No Rank di Alexa, setelah saya coba untuk merawat website ini, maka terjadi peningkatan ranking yang cukup drastis. Tapi selain merawat website atau blog kita, sebenranya ada beberapa metode lagi yang saya terapkan untuk meningkatkan alexa rank saya.

Pada artikel blog senior lain hal ini sudah sering dibahas dan bukan merupakan hal baru. Namun saya tetap akan berbagi tips meningkatkan alexa rank berdasarkan pengalaman saya sendiri yang tentu saja saya pelajari juga dari blog senior yang lain. Mari kita lihat Cara Meningkatkan Rank Alexa website atau blog anda.

[ish_headline tag_size=”h2″ icon_align=”left” tag=”h” tooltip_color=”color1″ tooltip_text_color=”color3″]

Cara Meningkatkan Rank Alexa

[/ish_headline]

Meningkatkan Alexa Rank memang penting untuk menunjukan kepopuler an sebuah website atau blog. Namun kembali lagi kepada tujuan utama kita membuat blog adalah untuk berbagi dan memberikan informasi dan konten yang menarik dan berguna sehingga dapat menyedot banyak pengunjung ke website kita. Hal ini perlu ditekankan juga karena untuk mempertahankan alexa rank dalam jangka panjang, isi sebuah website akan menjadi bahan pertimbangan.

    1. Klaim Situs Anda di Alexa.com

      Klaim situs anda di alexa dengan masuk ke link ini. Untuk meningkatkan ranking Alexa sebelumnya anda harus mendaftar dan klaim blog/website anda terlebih dahulu dan menempatkan Alexa ID Meta tag pada bagian head di template anda, maka Alexa akan mempermudah mengakses situs anda. Site description, country name dan profile adalah hal yang sangat penting ketika melakukan claiming. Selalu gunakan keyword sesuai dengan tema blog anda ketika mendeskripsikan situs anda, meskipun itu adalah hal yang kecil tapi sangat membantu untuk menaikkan ranking Alexa anda.

    2. Instal Alexa Toolbar

      Alexa toolbar merupakan program ekstensi yang diinstal atau dijalankan pada browser,  yang disiapkan oleh alexa.com untuk mempermudah seseorang mengetahui alexa rank sebuah website atau blog. Untuk pengguna google chrome anda dapat menginstal alexa toolbar dnegan cara masuk ke control google chrome di pojok kanan atas >> pilih Alat Lainnya >> Ekstensi >> scrool ke palign bawah temukan dan klik Dapatkan Ekstensi Lainnya >> ketik Alexa Traffic Rank pada kolom Search kemudian cari lalu instal Alexa Traffic Rank.
      Bagi yang menggunakan Mozilla Firefox bisa melakukan instalasi Alexa toolbar dengan cara : masuk ke www.alexa.com/toolbar, selanjutnya klik Instal Alexa Toolbar  >> Accept and Instal  >> AllowTunggu hingga proses download selesai. Lalu klik tombol Install.

    3. Pasang Widget Alexa Rank

      Widget alexa rank adalah sebuah widget yang ditampilkan pada website anda untuk mempermudah pengunjung website anda melihat ranking alexa anda. pada website aldianlo.com widget tampil seperti ini:


      Menurut sebagian kalangan bila widget itu diklik oleh pengunjung yang belum menginstal Alexa Toolbar, maka itu akan dihitung sebagai kunjungan tambahan.
    4. Rekomendasikan Alexa Toolbar Kepada Orang Lain

      Rekomendasikan alexa toolbar agar digunakan oleh orang lain pada browser mereka, hal ini bisa keluarga, teman, maupun pengunjung website/blog anda.

    5. Promosikan URL Website/Blog di Forum Webmaster

      Ini adalah salah satu metode yang cukup ampuh, karena para webmaster biasanya sudah menginstal alexa toolbar pada browser mereka untuk memantau perkembangan Rank website mereka, lalu saat anda menampilkan url website anda dan ada webmaster yang tertarik dan masuk ke website anda, anda akan mendapat keuntungan karena alexa mempertimbangkan kunjungan menggunakan browser yang sudah diinstal alexa toolbar.

    6. Konten Khusus Webmaster

      Berdasarkan poin nomor 4, ada baiknya kita juga menyiapkan konten-konten khusus yang menarik minat webmaster di website/blog kita sehingga mereka tertarik mengunjungi website kita. sedikit contoh konten untuk webmaster seperti membahas tentang SEO, Blogger, cara modifikasi website/blog, dll.

    7. Update Website/Blog Anda

      Sama seperti metode penilaian website yang lainnya, konsistensi sebuah website/blog dalam melakukan update terhadap konten dan artikel tentu saja mempengaruhi popularitas website/blog tersebut.

    8. Link Building

      Alexa juga menghitung link, koleksi link atau backlink yang mengarah pada website/blog anda juga akan membuat Alexa rank anda meningkat. Banyak cara untuk mendapatkan backlink seperti social bookmarking, link exchange, guest blogging, forum, dll.

       

Demikianlah beberapa  Cara Meningkatkan Rank Alexa pada sebuah website atau blog, berdasarkan pengalaman yang saya terapkan pada website saya ini. Sebenarnya masih banyak metode lain seperti menjadikan website anda sebagai main page sebuah browser, bahkan sampai membayar warnet untuk menjadikan wesbite anda sebagai main page pada browser setiap komputer di warnet tersebut, dan masih banyak lagi. Namun seperti pada komitmen saya, saya akan membagikan informasi dan juga tips yang sudah saya coba sebelum nya, Terima Kasih.

Share This:Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

3 replies on “Cara meningkatkan Rank Alexa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*