Desainer Grafis vs Seniman

Desainer Grafis vs seniman

Desainer Grafis vs Seniman

Desainer Grafis vs Seniman – Kadang ada batas tipis yang membuat Desainer Grafis disebut seniman. Padahal jelas terdapat perbedaan diantara kedua profesi ini. Memang keduanya melakukan kerja seni untuk menciptakan sebuah karya seni. Tapi perbedaan antara kedua profesi ini terletak pada hasil karya seni yang mereka ciptakan. Berikut ini adalah perbedaan antara Graphic Designer dan Seniman.

Desainer Grafis (Graphic Designer)

Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (bahasa InggrisGraphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasitipografifotografi, atau grafis motion. 

Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

Perancang Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik. 

Berdasarkan Penjelasan diatas dapat diketahui bahwa seorang Desainer Grafis bekerja seni dengan batas-batas yang sudah ditetapkan, dalam hal ini bisa saja oleh klien, tema, ataupun produk. Karya seni seorang perancang grafis bersifat mutlak, yaitu harus dapat dinikmati keindahannya oleh setiap orang, dalam hal ini untuk menyampaikan sebuah informasi di dalam hasil karya seni nya.

Seniman (Seniman grafis)

Seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang dibuat tanpa ada kendali dari siapapun. Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa seorang seniman bekerja seni dengan kebebasan penuh. Setiap hasil seni yang dihasilkan seorang seniman biasanya bersifat unik karena merupakan karya orisinil yang tidak dapat diulangi setiap proses detailnya. Selain itu hasil karya seni seorang seniman bersifat relatif, dimana keindahannya dapat dinilai berbeda oleh setiap orang.

Berdasarkan kedua penjabaran diatas dapat diketahui bahwa Desainer Grafis vs Seniman memiliki perbedaan yang cukup mencolok, yaitu pada hasil akhir dari karya seni nya. Setiap desainer grafis lebih mementingkan opini, dan pendapat orang secara umum terhadap karya seni yang dibuatnya. Sedangkan seniman lebih bebas dalam menentukan target audience nya, dia tidak terikat pada opini orang, seorang seniman dapat dikatakan lebih egois terhadap hasil seninya, karena hasil seninya adalah ungkapan hatinya dan ditujukan untuk audience yang lebih spesifik dalam hal ini yang memiliki kesamaan cita rasa sama seperti dirinya.

Pembahasan mengenai Desainer grafis vs Seniman dalam artikel ini merupakan hasil penggalian informasi dan pendapat pribadi penulis. Jika mungkin ada perbedaan persepsi, mari sama-sama kita bahas lebih lanjut.. Terima kasih

Share This:Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

4 replies on “Desainer Grafis vs Seniman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*