Pentingkah Membuat Mockup Desain Yang Akan Dicetak?

Pentingkah Membuat Mockup Desain yang Akan Dicetak?

Salam hangat, Setelah cukup lama menghilang saya memutuskan untuk kembali ke aktifitas bloging. Setelah sempat kehilangan arah dan motivasi, saya kembali memutuskan untuk terus berbagi informasi yang mungkin bisa berguna bagi teman-teman yang membutuhkan. Kali ini saya akan membahas pentingkah membuat mockup desain yang akan dicetak? Sebagai informasi Mockup atau Mock-Up adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia desain grafis. Secara umum mockup didefinisikan sebagai tiruan suatu benda yang dibuat seperti asli tapi hanya berupa bagian tertentu saja menurut kebutuhan, sedangkan mockup berdasarkan definisi saya pribadi adalah sebuah cara memamerkan hasil desain digital kepada klien dalam bentuk tiruan yang menyerupai hasil cetak printing atau fisik sebuah desain yang diinginkan oleh klien.

Mungkin ada sebagian teman-teman yang bertanya-tanya Pentingkah Membuat Mockup Desain Yang Akan Dicetak? Jawabannya adalah PENTING!! Dalam bidang desain grafis, ataupun yang berhubungan dengan hasil desain digital yang kita buat, sangatlah wajib kita membuat presentasi yang dapat meyakinkan klien bahwa hasil desain kita akan memiliki tampilan yang baik saat dicetak (print), karena berdasarkan pengalaman saya selama menghandle klien, mereka akan sangat puas ketika kita bisa mnunjukan hasil akhir desain kita ketika sudah di cetak (padahal desain belum benar-benar dicetak secara fisik), dan dapat mengurangi keinginan klien untuk merevisi desain kita. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

Membuat Mockup Desain

Bisa kita lihat berdasarkan perbandingan gambar diatas bahwa membuat mockup desain yang akan dicetak sangat berpengaruh pada tampilan presentasi kita kepada klien, dan tentu saja sangat membantu kita untuk secepatnya menyelesaikan project dari klien, karena klien dapat melihat hasil jadi desain yang kita buat meskipun belum tercetak secara fisik, yang tentu saja meredam kemungkinan klien untuk memberi revisi-revisi lain nya, yang mungkin bahkan mengharuskan kita melakukan perubahan secara keseluruhan pada hasil desain yang sudah kita buat.

Demikian sedikit informasi mengenai pentingnya membuat mockup desain yang akan kita presentasikan kepada klien. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*