Penggunaan www dan non www Dalam SEO

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang Pengaruh Penggunaan www dan non www Dalam SEO sebuah situs website. Pada artikel ini saya yang juga masih belajar tentang SEO , akan membagikan sedikit informasi, yang sebenarnya saya dapat ketika berelancar mencari wangsit tentang SEO. Artikel ini merupakan artikel asing berbahasa Inggris, yang kemudian saya coba bagikan dalam Bahasa Indonesia. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam terjemahan terhadap Penggunaan www dan non www Dalam SEO, saya hanya manusia biasa.

Ada kekhawatiran diantara rata-rata pengguna dan pemilik bisnis online tentang “www VS non www” dalam URL website mereka. Pada faktanya, sama sekali tidak ada perbedaan “www. dan non www.” dalam SEO. Memang ada beberapa perbedaan teknis antara “www. dan non www.”, tapi itu seharusnya tidak berpengaruh pada SEO.

Harapan penulis, apabila ada pakar SEO yang mampir dan mempunyai pengetahuan yang lebih baik, saya akan sangat senang sekali apabila bisa sharing bersama disini tentang Penggunaan www dan non www Dalam SEO.

Sama sekali tidak ada perbedaan manfaat SEO ketika kita memilih www maupun non www. Bahkan Google telah mengatakan bahwa semua tergantung pada pengaturan dan kebutuhan anda.
Yang paling penting adalah bahwa anda tetap konsisten dengan salah satu pilihan anda pada saat pertama kali memulai website. Dengan kata lain, JANGAN sering mengubah-ubah URL situs Anda untuk menambah atau menghapus www, tetap konsisten pada pilihan pertama anda.

Untuk menentukan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan anda, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke akun Google Webmaster Tools dan klik di situs Anda (dengan asumsi anda sudah mendaftarkan website anda ke Google Webmaster), selanjutnya klik pada icon Gear pada sudut kanan atas layar Anda dan pilih Setelan Situs.

penggunaan www dan non www dalam SEO

Pengaturan Penggunaan www atau non www pada URL situs

pada halaman Setelan Situs, silahkan pilih pengaturan yang anda inginkan.

penggunaan www dan non www dalam SEO

 

Alternatif lainnya jika Anda menggunakan WordPress SEO by Yoast plugin, yang secara otomatis mengatur Canonical URL di header  situs  yang akan membiarkan Google tahu preferensi pribadi Anda.

Pada website aldianlo.com  penulis menggunakan alternatif menggunakan WordPress Seo by Yoast plugin.

Ketika kita  menambahkan www. di depan sebuah situs, itu berperan sebagai host yang dapat membantu dengan fleksibilitas terhadap DNS, selain itu memiliki kemampuan untuk membatasi cookie ketika menggunakan beberapa subdomain.

Sedangkan untuk non-www domain juga disebut sebagai domain telanjang yang mana tidak memiliki keunggulan teknis seperti pada penggunaan www. Namun dapat dilihat bahwa tidak ada Pengaruh Penggunaan www dan non www Dalam SEO secara signifikan.

 

Sumber: wpbeginner.com

Share This:Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*