Perbedaan Antara Worpress.com dan WordPress.org

Kita semua pasti sudah pernah mendengar tentang WordPress. Namun juga kadang masih ada orang yang bertanya-tanya apa sih WordPress itu? Makanan jenis apa WordPress itu? atau Termasuk Habitat hewan apa sih WordPress itu? tidak menutup kemungkinan ada orang yang memang benar-benar belum mengetahui apa itu wordpress dan bagaiman sejarahnya.

Baca: Sejarah WordPress yang Wajib Diketahui

Penting bagi seseorang yang ingin memulai belajar membuat blog atau website untuk mengenal salah satu Blog engine yang juga merupakan CMS (Content Management System) sejuta umat ini. Bahkan bagi seorang website developer yang akan mengembangkan website untuk client menggunakan wordpress, harus bisa menjelaskan kepada klien apa sebenarnya dan bagaimana sebenarnya wordpress itu. Yah saya sebagai website developer yang memang konsentrasi mengembangkan website menggunakan CMS WordPress seringkali ketika presentasi mendapat pertanyaan “kenapa saya hanya memakai WordPress dalam pengembangan website?”, Banyak sekali orang yang mengenal wordpress hanya untuk dimaksimalkan sebagai blog dan gratisan. Hal ini menyebabkan  orang yang menyepelehkan wordpress dan kemampuan yang dimiliki untuk menjadi platform sebuah website.

Artikel ini saya buat agar kita dapat mengetahui dengan jelas apa, bagaimana, dan kenapa kita bisa mengembangkan website menggunakan WordPress. Artikel ini akan menjelaskan Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org (waduh apa lagi ini? WordPress kok ada dua?) .

Perbedaan Antara Worpress.com dan WordPress.org

Untuk mengetahui dengan pasti perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org kita perlu lebih dulu mengetahui bagaimana sejarah wordpress terlebih dahulu, agar memudahkan kita untuk dapat memahami perbedaan antara Worpress.com dan WordPress.org.


Wordpress.com

WordPress.com merupakan layanan penyedia blog gratis atau free blog provider. Menggunakan layanan dari wordpress.com meungkinkan anda memiliki sebuah blog, maupun website sederhana secara gratis karena anda tidak perlu membeli hosting dan domain untuk blog atau website yang akan anda buat. yang perlu anda lakukan hanyalah membuat account di WordPress.com kemudian ikutin semua instruksi yang telah tersedia, maka anda sudah bisa memiliki website atau blog pribadi.

Kelebihan Wordpress.com

  1. Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk bisa memiliki website atau blog pribadi
  2. Anda tidak perlu bingung memikirkan kapasitas hosting yang harus anda miliki.

Kekurangan WordPress.com

  1. Alamat website anda akan memiliki embel-embel wordpress.com (misal: namawebanda.wordpress.com).
  2. Anda tidak dapat menginstal plugin sesuai kebutuhan anda.
  3. Anda tidak dapat menginstal template sesuka anda, karena anda hanya diperkenankan mengubah template dengan template yang sudah disiapkan oleh wordpress.
  4. Fungsi JavaScript dinonaktifkan, hal ini membuat anda tidak dapat memaksimalkan website atau blog anda sesuai kebutuhan anda.
  5. Terikat dengan peraturan wordpress.com. Gratis bukan berarti bebas melakukan apa saja, akan tetapi anda harus mentaati peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak wordpress. Apabila anda melakukan pelanggaran akan peraturan yang ada, maka bersiap-siaplah blog anda akan di tutup oleh pihak wordpress.com.
  6. Jika anda ingin membuat website atau profile page perusahaan anda, sebaiknya anda menghindari menggunakan layanan wordpress.com, karena sudha pasti perusahaan anda akan tampak tidak serius, karena memanfaatkan layanan gratisan, dan anda tidak akan mendapat kepercayaan dari client anda.

WordPress.org

WordPress.org adalah penyedia CMS(Content Management System) untuk membuat sebuah website maupun blog. WordPress CMS dapat di download di wordpress.org secara gratis kemudian anda harus menginstal nya terlebih dahulu langsung di hosting atau  jika anda ingin mengembangkan sebuah website atau blog secara offline (Menggunakan komputer anda sebagai server) terlebih dahulu baru di upload ke hosting kemudian, maka anda harus mengetahui langkah-langkah nya.

Baca: Tutorial Instal WordPress Offline

Kelebihan WordPress.org

  1. Anda dapat memiliki domain anda sendiri (misal: namawebanda.com) tanpa ada embel-embel wordpress.com.
  2. Anda dapat dengan bebas menginstal plugin yang sesuai dengan kebutuhan anda, banyak sekali plugin yang beredar saat ini, pastikan anda menggunakan plugin sesuai kebutuhan anda dan jangan berlebihan, penggunaan plugin secara berlebihan mempengaruhi kecepatan website anda, bahkan mungkin mneyebabkan crash karea ada ketidak sesuaian antara plugin dengan sistem, atau plugin dengan plugin yang lainnya. Untuk plugin wajib yang harus anda miliki di website atau blog anda saya merekomendasikan anda untuk membaca artikel saya Plugin terbaik untuk wordpress.
  3. Anda dapat menginstal template yang anda sukai baik yang gratis maupun yang berbayar. Sebagai bahan pertimbangan, menggunakan template berbayar sangat baik untuk menciptakan sebuah website atau blog. Karena layanna support yang baik bisa anda dapatkan dari tim developer, juga anda akan mendapatkan informasi tentang update terbaru.
  4. JavaScript berfungsi dengan normal, anda dapat melengkapi website atau blog anda sesuai yang anda butuhkan.
  5. Anda tidak terikat dengan peraturan wordpress meskipun website anda menggunakan CMS dari wordpress.
  6. Jika anda ingin membuat website atau profile page perusahaan anda menggunakan CMS wordpresss maka anda akan mendapat kesan profesional dan dapat dipercaya, salah satunya karena website anda tidak menggunakan embel-embel wordpress.com lagi.

Kekurangan WordPress.org

  1. Untuk bisa online website anda diharuskan memiliki domain dan hosting yang harus anda beli sendiri.
  2. Harus melakukan instalasi dan setting sistem wordpress anda sendiri. Untuk melakukan instalasi wordpress anda bisa membaca artikel saya tentang Tutorial Instal WordPress Offline.
  3. Anda harus memaksimalkan keamanan website anda sendiri. Untuk mengamankan website anda yang berbasis wordpress, saya sarankan anda membaca artikel saya tentang mengamankan website berbasis wordpress.

3 replies on “Perbedaan Antara Worpress.com dan WordPress.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*