Sejarah WordPress yang Wajib Diketahui

sejarah wordpress

WordPress dulu dikenal  sebagai sebuah Blog engine, namun saat ini WordPress juga digunakan sebagai CMS (Content Management System) yang sangat powerfull. Terkenal karena kemampuannya untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, baik secara fungsi maupun tampilan website (visual).

WordPress dewasa ini telah berkembang sangat pesat, dengan dukungan dari pengembang theme dan juga berbagai macam plugin, wordpress saat ini sudah sangat dinamis dan menurut saya pribadi sudah sanggup memenuhi kebutuhan website modern.

Sejarah WordPress

WordPress pada awal mulanya adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh  Michel Valdrighi yang menghentikan pengembangan b2. Sebagian pengguna setia b2/cafelog menyayangkan keputusan itu, dan kemudian melanjutkan pengembangan b2 melalui Matt Mullenweg.

Sejarah WordPress dimulai sejak muncul pertama kali pada tahun 2003 berkat hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadapperangkat lunak sumber terbuka untuk blog. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan aksesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang  Mahasiswa  Kedokteran  dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

WordPress terus melakukan pengembangan yang signifikan, dengan dukungan komunitas yang setia juga mempu membukan peluang usaha bagi developer untuk membuat theme dan plugin yang dapat diintegrasikan dengan wordpress.  Wordpress vers terbaru adalah versi 3.9.1 yang rilis pada tanggal 8 mei 2014, yang bisa di download disini.

Demikian lah sejarah wordpress yang wajib diketahui sebelum kita belajar lebih jauh tentang wordpress.

Share This:Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

3 replies on “Sejarah WordPress yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*