Tutorial Membuat Template T Shirt Menggunakan Corel Draw

Tutorial Membuat Template T Shirt Menggunakan Corel Draw

Proses presentasi suatu desain t shirt memiliki kekuatan sendiri untuk menarik minat pembeli secara visual. Oleh karena itu hal utama yang harus diperhatikan dalam presentasi desain t shirt adalah bagaimana cara menampilkan hasil desain t shirt dengan tampilan yang nyata sehingga dapat meyakinkan audience. Ada beberapa desainer t shirt yang mungkin jarang memaksimalkan presentasi hasil desainnya menggunakan mockup template yang baik. Mungkin dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam menggunakan software desain lain misal Photoshop untuk membuat tampilan reality mockup t shirt, atau merupakan pemula yang baru mendalami Desain grafis. Langkah-langkah pada tutorial ini sendiri saya peroleh berdasarkan keterbatasan saya menggunakan Photoshop pada awal saya memulai belajar desain grafis dahulu, karena memang saya mulai belajar secara autodidak menggunakan Corel Draw, sehingga pada saat itu saya hanya bisa menggunakan Corel Draw. Oke langsung saja kita lanjut ke step by step Tutorial Membuat Reality Template T Shirt Menggunakan Corel Draw.

Langkah Pertama:

Carilah sebuah objek gambar t shirt yang berwarna putih polos.

Tutorial membuat reality template t shirt

Objek gambar T shirt Putih Polos

(NB: objek gambar t shirt harus berwarna putih, karena objek berwarna lain akan mempengaruhi transparency)

Langkah Kedua:

Import objek gambar kedalam lembar kerja Corel Draw, kemudian lakukan penyesuaian ukuran sesuai dengan kebutuhan. 1

Langkah ketiga :

Seleksi gambar t shirt (hanya objek t shirt apabila ada objek lain seperti tangan, leher, dll), menggunakan Bezier Tools (silahkan gunakan tools lain seperti Pen Tool, apabila tidak terbiasa menggunakan Bezier tool). Setelah seleksi selesai pastikan anda merapikan garis seleksi agar lebih rapi menggunakan Shape Tool (F10).

Tutorial Membuat Template T Shirt

Seleksi Objek t shirt

 Langkah Keempat :

Seleksi kedua objek (objek gambar dan objek hasil seleksi pada langkah ketiga) pastikan kedua objek telah terseleksi, kemudian lakukan Intersect untuk memotong agar kita dapat memisahkan hasil seleksi t shirt saja.

Tutorial Membuat Template T Shirt

Intersect kedua objek

 

Langkah Kelima :

Pisahkan objek seleksi pada langkah ketiga (jangan dihapus), kemudian klik gambar t shirt putih pada objek gambar, anda akan mendapatkan hasil potongan yang sesuai dengan hasil seleksi pada langkah ketiga, silahkan dipisahkan atau digeser.

Tutorial Membuat Template T Shirt

pisahkan objek gambar, objek seleksi, dan objek hasil pemotongan.

Langkah Keenam :

Klik objek hasil pemotongan, kemudian gunakan Transparency Tool, hold klik dan tarik pada objek hasil pemotongan.

Tutorial Membuat Template T Shirt

hold klik dan tarik pada objek hasil pemotongan

untuk menjadi transparency rata pada keseluruhan objek hasil pemotongan, kita dapat mengatur Transparency Type  menjadi Uniform.

Tutorial Membuat Template T Shirt

atur Transparecy Type menjadi Uniform

Langkah berikutnya adalah untuk membuat objek hasil pemotongan yang sudah transparan dapat blend dengan berbagai warna, namun tetap mempertahankan tekstur lipatan yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah Transparency Operation menjadi Subtract (saya telah membandingkan semua hasil Transparency Operation, dan yang paling bagus menggunakan Subtract).

Tutorial Membuat Template T Shirt

Transparency Operation yang digunakan adalah Subtract

Langkah Ketujuh :

Klik objek seleksi, kemudian beri warna sesuai keinginan, Jangan lupa untuk menghilangkan garis outline yang ada pada objek seleksi, untuk memperoleh hasil yang baik.

Tutorial Membuat Template T Shirt

Beri warna pada objek seleksi sesuai dengan yang diinginkan

Langkah Kedelapan :

Tumpuk semua objek secara sejajar dengan urutan : Objek Gambar berada pada possisi paling bawah -> Objek seleksi yang sudha diberi warna pada lapisan kedua -> objek hasil pemotongan yang sudah diberi transparency pada lapisan paling atas.

Tumpuk semua objek

Tumpuk semua objek dengan urutan : Objek Gambar berada pada possisi paling bawah -> Objek seleksi pada lapisan kedua -> objek hasil pemotongan pada lapisan paling atas.

apabila langkah yang anda lakukan benar, maka anda akan mendapatkan hasil seperti gambar diatas. Dapat dilihat bahwa objek seleksi yang diberi warna memberikan pengaruh warna, dan objek hasil pemotongan yang sudah diatur transparency nya memberikan tekstur lipatan, sehingga menghasilkan template t shirt yang reality. Untuk mengganti warna template t shirt, silahkan ubah warna pada objek seleksi sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Kesembilan :

Langkah kesembilan adalah langkah terakhir, yaitu untuk menempatkan desain t shirt yang sudah dibuat pada template t shirt. Letakan desain t shirt yang sudah dibuat diantara objek seleksi dan objek pemotongan, dengan urutan seperti ini : objek seleksi -> hasil desain diatas objek seleksi -> Objek hasil pemotongan pada lapisan paling atas.

Tutorial Membuat Template T Shirt

Tempatkan hasil desain di antara objek seleksi dan objek hasil pemotongan.

Apabila langkah anda benar, maka seharusnya akan mendapatkan hasil seperti gambar diatas. Silahkan export hasil mockup anda, yang perlu diingat untuk mendapatkan hasil export yang baik, pada saat export gunakan color mode RGB, agar tekstur lipatan tetap terlihat.

Tutorial Membuat Template T Shirt

Hasil akhir desain mockup anda akan menjadi seperti ini.

Sekian Tutorial Membuat Template T Shirt Menggunakan Corel Draw. Lakukan seleksi yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Share This:Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*